FAQ: Pertanyaan Seputar Beli Obat dan Tebus Resep Online
Seputar Farmamedika.id
Q: Apakah Farmamedika.id memiliki toko retail?
A: Ya. Farmamedika.id adalah apotek online yang memiliki toko fisik dan menjual produk-produk kesehatan baik secara online maupun offline. Apotek Farmamedika merupakan apotek berijin dengan nomor Surat Ijin Apotek 449/0016-SIA/DPMPTSP/OL/2019. Dan, produk-produk kesehatan yang dijual di apotek Farmamedika diambil dari Pedagang Besar Farmasi / Sub-distributor Farmasi resmi berijin lainnya. Sehingga, kami menjamin keaslian semua produk yang kami jual.
Q: Apa yang bisa saya lakukan di website Farmamedika.id?
A: Anda bisa melakukan pemesanan dan pembelian produk-produk yang tersedia di Farmamedika.id, menebus obat resep, produk non resep, produk kesehatan, produk kecantikan dan produk terkait lainnya yang tersedia di katalog website Farmamedika.id. Anda juga dapat berkonsultasi gratis dengan Apoteker Apotek Farmamedika melalui chat secara langsung.
Q: Saya membutuhkan pertolongan. Kemana saya bisa menghubungi team Farmamedika.id?
A: Anda bisa menghubungi Call Center Customer Service Farmamedika.id di 0812 9102 8144, atau dari fitur live chat di kanan bawah.
Q: Apakah saya harus menjadi member untuk dapat berbelanja di Farmamedika.id?
A: Ya, Untuk pembelian produk atau resep dari website Anda diharuskan untuk menjadi member demi keamanan transaksi Anda, namun untuk pembelian offline (datang langsung ke toko kami) Anda tidak di haruskan untuk menjadi member.
Registrasi
Q: Bagaimana caranya untuk menjadi member?
A: Anda dapat menjadi member dengan mendaftarkan email Anda ke dalam website Farmamedika.id. Silahkan pilih menu Register yang terdapat di kanan atas halaman website dan lengkapi data diri Anda.
Q: Apakah ada biaya untuk bergabung di Farmamedika.id?
A: Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.
Q: Bagaimana cara saya mengelola akun saya?
A: Jika Anda sudah mendaftarkan diri, Anda dapat Login setiap saat menggunakan alamat email dan password yang sudah anda daftarkan di Farmamedika.id.
Q: Mengapa saya tidak bisa masuk / Log in ke dalam Farmamedika.id?
A: Mungkin anda salah memasukkan email atau password anda. Mohon cek kembali email dan password Anda sebelum melakukan Log in.
Q: Bagaimana jika saya lupa password saya?
A: Anda dapat melakukan reset password pada halaman login dengan mengklik tombol lupa password.
Pengiriman
Q: Mana sajakah area pengiriman Farmamedika.id?
A: Farmamedika.id bisa melayani pengiriman ke seluruh Indonesia menggunakan expedisi yang telah terdaftar dan bekerja sama dengan Farmamedika.id. Dan untuk area 5 Km dari Apotek, Farmamedika.id menyediakan layanan pesan antar gratis dengan minimal pembelian Rp. 100,000.
Q: Berapa lama pesanan saya akan sampai di rumah?
A: Untuk obat resep dokter estimasi 2-3 jam untuk daerah Tangerang, BSD dan Jakarta Barat, di luar lokasi tersebut estimasi 1x24 jam. Untuk produk non obat resep antara 1-3 hari kerja. Pengiriman maksudnya kurir/paket keluar dari Farmamedika.id. Masa terima pelanggan dapat bervariasi tergantung jarak dan kurir yang dipilih.
Q: Apakah kurir yang mengantarkan pesanan saya akan menghubungi saya sebelum mengantarkan barang pesanan?
A: Tidak. Farmamedika.id akan mengirimkan notifikasi berupa email ke Anda sebagai konfirmasi produk akan segera dikirimkan (ready to ship). Jika Anda ingin mengetahui status pengiriman, anda bisa menghubungi Customer Service kami melalui Call Center di 0812 9102 8144, atau melalui live chat Farmamedika.id dengan menginformasikan no order Anda
Q: Bagaimana jika saat pesanan diantarkan, saya tidak ada di rumah?
A: Kurir akan menghubungi anda via telepon / sms untuk meminta informasi dari anda lebih lanjut.
Q: Apakah saya bisa melakukan pembatalan pesanan?
A: Tidak, pesanan Anda akan otomatis dibatalkan oleh sistem jika dalam 2x24 jam tidak melakukan pembayaran.
Q: Apakah saya bisa melacak pesanan?
A: Ya, Anda bisa melakukan pelacakan pesanan (order tracking) dengan mengakses akun Anda dari fitur di pojok kanan atas, dan pilih Order History (Pesanan Saya).
Q: Apakah Farmamedika.id akan menyimpan catatan pesanan obat saya?
A: Ya, semua catatan pesanan Anda tersimpan di Akun Saya dibawah menu Pesanan Saya.
Q: Apakah saya bisa melakukan pemesanan untuk orang lain diluar alamat pengiriman saya sebelumnya?
A: Ya, Anda bisa menambahkan alamat pengiriman yang baru, dengan menambah opsi pengiriman alamat dibawah menu Alamat Pengiriman (Address Book).
Tebus Resep Online
Q: Apakah Farmamedika.id bisa melayani pembelian obat resep?
A: Ya. Resep Obat dari Dokter dapat diunggah di menu kiri atas (Kirim / Upload Resep).
Q: Bagaimana caranya untuk menebus resep di Farmamedika.id?
A: Pilih menu “Kirim Resep”, upload resep yang sudah Anda foto / scan dan Anda akan diminta login / register, jangan lupa pilih metode pembayaran dan pengiriman Anda. Setelah itu, Apoteker akan membaca Resep Dokter tersebut dan memasukkan nama-nama produknya untuk Anda.
Q: Apakah ada syarat untuk menebus obat resep di Farmamedika.id?
A: Kami tidak melayani pembelian obat – obatan resep golongan psikotropika, prekursor, dan obat-obat tertentu yang rawan disalahgunakan, serta tidak menjual narkotika.
Q: Apakah ada biaya tambahan untuk menebus resep di Farmamedika.id?
A: Tidak ada.
Q: Berapa lama saya akan mendapatkan konfirmasi atas resep yang telah saya upload?
A: Anda akan mendapatkan konfirmasi paling lambat 30 -60 menit setelah Anda submit resep. Anda bisa menanyakan status ke Customer Service kami jika perlu.
Q: Konfirmasi dari Farmamedika.id atas resep yang telah saya upload, akan saya terima dalam bentuk apa?
A: Anda akan menerima konfirmasi dalam bentuk email dan memungkinkan melalui whatsapp yang akan dikirimkan oleh tim Farmamedika.id.
Q: Apakah obat resep bisa diorder tanpa resep?
A: Untuk beberapa obat yang sifatnya esensial atau obat wajib apotik, Apoteker/Apotik bisa melayani tanpa resep, namun tergantung dari kebijakan Apoteker, dengan mempertimbangkan prinsip kewajaran dan resiko.
Q: Apa saya bisa mengorder obat / vitamin lain, selain obat dari resep yang saya tebus?
A: Bisa, Anda bisa menggabungkan order kirim resep dengan order produk lainya dengan cara menghubungi Call Center kami atau dengan live chat untuk menambah produk yang di inginkan.
Pembayaran
Q: Metode pembayaran apa saja yang tersedia di Farmamedika.id?
A: Anda bisa melakukan pembayaran dengan transfer bank dan kartu kredit melalui doku / midtrans. untuk pembayaran COD pada saat ini masih dalam evaluasi
Q: Apakah orderan saya sudah diproses?
A: Anda bisa mengecek orderan anda pada menu My Account ? my orders.
Retur & Refund
Q: Apabila saya ingin melakukan retur, apa yang harus saya lakukan?
A: Anda harus menelepon CS kami untuk membuatkan nomor retur, kemudian mengisi form retur yang terdapat dalam pesanan Anda. Setelah itu, kami akan memproses retur tersebut.
Q: Apakah ada ketentuan retur?
A: Ya, Anda bisa lihat di bagian Kebijakan Pengembalian Barang
Q: Berapa lama uang saya akan dikembalikan?
A: Uang akan dikembalikan maksimal 7 hari kerja sejak pengajuan retur.